Selasa, 16 Desember 2014

EVALUASI APLIKASI E-BUSINESS PADA WEBSITE PEMERINTAH KABUPATEN MAGELANG

Penerapan aplikasi web telah meluas ke berbagai bidang, mulai dari perbankan, asuransi, bisnis, manufaktur, pendidikan dan pemerintahan. Dalam dunia pemerintahan, aplikasi web digunakan dalam banyak hal diantaranya untuk publikasi informasi tentang daerah, potensi investasi, dan berbagai informasi lainnya yang dapat diakses oleh semua pihak. Keharusan pembangunan situs web di setiap Pemerintahan Daerah Kabupaten dan Kota, merupakan tuntutan akan informasi yang cepat dan terupdate setiap waktu.
Web di setiap Pemerintahan Daerah Kabupaten dan Kota dapat membantu terbentuknya pemerintahan yang bersifat Good Governance dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Manfaat yang didapat dari web di setiap Pemerintahan Daerah Kabupaten dan Kota adalah adanya semangat keterbukaan dan pemberdayaan masyarakat, ketersediaan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat sebagai bentuk keterbukaan (transparansi) sehingga hubungan antar berbagai pihak menjadi lebih baik. Sedangkan informasi berupa data potensi daerah, statistik dan peluang usaha disajikan untuk kalangan bisnis maupun investor, sebagai upaya daerah meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah).
Unsur terpenting dari sebuah tampilan yang efektif situs web di internet adalah isi (content) dan desain yang baik serta menarik. Sebuah situs web pemerintah daerah mempunyai persyaratan minimal untuk isi. Pengelola situs web pemerintah daerah harus mampu menentukan apa yang diharapkan oleh para pengguna mengenai apa yang seharusnya ada di situs web. Menurut panduan dari KOMINFO maka isi minimal pada setiap situs web pemerintah daerah adalah:

  • Selayang Pandang

Menjelaskan secara singkat tentang keberadaan Pemerintah Daerah bersangkutan (sejarah, motto daerah, lambang dan arti lambang, lokasi dalam bentuk peta, visi dan misi).

  • Pemerintahan Daerah

Menjelaskan struktur organisasi yang ada di Pemerintah Daerah bersangkutan (eksekutif, legislatif) beserta nama, alamat, telepon, e-mail dari pejabat daerah. Jika memungkinkan biodata dari Pimpinan Daerah ditampilkan agar masyarakat luas mengetahuinya.

  • Geografi

Menjelaskan antara lain tentang keadaan topografi, demografi, cuaca dan iklim, sosial dan ekonomi, budaya dari daerah bersangkutan. Semua data dalam bentuk numeris atau statistik harus mencantumkan nama instansi dari sumber datanya.

  • Peta Wilayah dan Sumberdaya

Menyajikan batas administrasi wilayah dalam bentuk peta wilayah (sebaiknya digunakan peta referensi yang dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional – Bakosurtanal, atau instansi pemerintah lainnya yang mempunyai tugas pokok dan fungsi pembuat peta), dan juga sumberdaya yang dimiliki oleh daerah bersangkutan dalam bentuk peta sumberdaya (digunakan peta referensi yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah yang mempunyai tugas pokok dan fungsi pembuat peta) yang dapat digunakan untuk keperluan para pengguna.

  • Peraturan/Kebijakan Daerah

Menjelaskan Peraturan Daerah (Perda) yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah bersangkutan. Melalui situs web pemerintah daerah inilah semua Perda yang telah dikeluarkan dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas.

  • Buku Tamu

Tempat untuk menerima masukan dari pengguna situs web pemerintah daerah bersangkutan.

Hasil Analisis Saya pada Website Pemerintah Kabupaten Magelang

Tampilan kurang menarik, namun sangat berisi terlihat dari penuhnya halaman.

Manajemen konten cukup lengkap, hanya ada beberapa kekurangan:
  1. Memiliki menu “Selayang Pandang” yang di dalamnya berisi submenu Sejarah Kabupaten Magelang, Makna Lambang, Gambaran Umum, Geografis, Struktur Organisasi, Visi dan Misi, Program Pembangunan dan Peta.
  2. Memberikan gambaran mengenai struktur organisasi yang ada di Pemerintahan Kabupaten Magelang yang ada dalam menu “Selayang Pandang” submenu Struktur Organisasi. Namun, gambaran struktur ditampilkan dalam bentuk gambar yang tidak jelas, sehingga susah untuk dibaca.
  3. Tidak ada isinya dalam submenu Visi dan Misi.
  4. Memberikan informasi nama-nama pejabat eksekutif dan legislatif, namun tidak diberitahukan alamat, telepon, e-mail dari pejabat daerah tersebut. Tidak ada pula biodata dari Pimpinan Daerah bersangkutan.
  5. Ada penjelasan mengenai keadaan topografi, demografi, cuaca dan iklim pada submenu Geografis, namun tidak ada penjelasan mengenai kondisi sosial dan ekonomi,  dan budaya dari daerah bersangkutan.
  6. Semua data dalam bentuk numeris atau statistik mencantumkan nama instansi dari sumber datanya.
  7. Menyajikan batas administrasi wilayah dalam bentuk peta wilayah.
  8. Tidak menampilkan peta sumberdaya yang dimiliki oleh daerah bersangkutan.
  9. Ada Peraturan Daerah (Perda) yang ditampilkan dengan mengklik “JDIH Kab Magelang” pada submenu Produk Hukum.
  10. Memiliki Buku Tamu yang ada di dalam menu “Interaktif”.
Isi website sesuai dengan keadaan sebenarnya (tidak menyesatkan). Dan menampilkan pula berita-berita seputar Kabupaten Magelang yang sangat up to date.


Kelebihan

  1. Manajemen konten sudah cukup lengkap sesuai dengan standar isi minimal situs web Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, yang seharusnya dan sebaiknya ada pada sebuah web resmi Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.
  2. Isinya tidak menyesatkan dan sangat up to date.
  3. Ada berita-berita mengenai Kabupaten Magelang yang up to date.
  4. Pertanyaan dari para pengguna situs web direspon dengan cepat dan tepat.

Kekurangan

  1. Tampilan kurang menarik.
  2. Ada beberapa informasi penting yang belum ditampilkan, seperti kondisi sosial dan ekonomi, budaya, dan peta sumber daya.
  3. Menampilkan gambar yang kurang jelas, sehingga informasi yang akan disampaikan dari gambar tersebut pun tidak dapat dimengerti oleh pengguna website.

Rekomendasi

  1. Menata tampilan halaman website agar lebih menarik.
  2. Mengisi informasi-informasi yang belum ditampilkan.
  3. Menampilkan gambar yang besar dan jelas.
  4. Ukuran huruf diperbesar.

Sumber:
http://irpantips4u.blogspot.com/2012/10/tugas-analisis-web-e-goverment.html
http://www.magelangkab.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar