Selasa, 02 Desember 2014

E-GOVERNMENT DAN PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Pemerintahan elektronik atau e-government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan.
Pemanfaatan atau pengembangan e-government merupakan upaya untuk mendukung kinerja pemerintah yang berbasis elektronika dalam rangka penyelenggaraan dan peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat secara efektif dan efisien. Melalui pengembangan dan penerapan e-government dilakukan penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan instansi pemerintah khususnya instansi yang melaksanakan fungsi pelayanan publik. Dengan barjalannya e-government ini maka diharapkan seluruh aktivitas organisasi pemerintahan dapat dilaksanakan secara elektronik sehingga mempermudah fungsi kebijakan dan pelayanan. Dalam pelaksanaannya konsep e-government ini merupakan tanggung jawab bersama, artinya bukan hanya pemerintah saja tetapi juga peran serta masyarakat (share goals).

Ada tiga model penyampaian e-government, antara lain:

  • Government to Citizen atau Government to Customer (G2C)


Adalah penyampaian layanan publik dan informasi satu arah oleh pemerintah ke masyarakat. Memungkinkan pertukaran informasi dan komunikasi antara masyarakat dan pemerintah, contohnya: Pajak online, mencari Pekerjaan, Layanan Jaminan Sosial, Dokumen pribadi (akte kelahiran dan perkawinan, aplikasi paspor, lisensi pengarah), Layanan imigrasi, Layanan kesehatan, Beasiswa, penanggulangan bencana.

  • Government to Business (G2B)


Adalah transaksi-transaksi elektronik di mana pemerintah menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan bagi kalangan bisnis untuk bertransaksi dengan pemerintah. Mengarah kepada pemasaran produk dan jasa ke pemerintah untuk membantu pemerintah menjadi lebih efisien, melalui peningkatan proses bisnis dan manajemen data elektronik. Aplikasi yang mamfasilitasi interaksi G2B maupun B2G adalah Sistem e-procurement. Contohnya: Pajak perseroan, Peluang Bisnis, Pendaftaran perusahaan, peraturan pemerintah (Hukum Bisnis), Pelelangan dan penjualan yang dilaksanakan oleh pemerintah, hak paten merk dagang, dll.

  • Government to Government (G2G)


Adalah memungkinkan komunikasi dan pertukaran informasi online antar departemen atau lembaga pemerintahan melalui basis data terintegrasi. Contohnya: Konsultasi secara online, blogging untuk kalangan legislatif, pendidikan secara online, pelayanan kepada masyarakat secara terpadu.

Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

  1. Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasi disediakan 24 jam, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor. Informasi dapat dicari tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.
  2. Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Adanya keterbukaan (transparansi), sehingga diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik.
  3. Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh data-data tentang sekolah, seperti jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilih sekolah yang pas untuk anaknya.
  4. Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien. Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melalui e-mail atau bahkan video conference.
  5. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government, membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah, sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
  6. e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
  7. Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.
  8. Informasi-informasi yang disajikan sangatlah lengkap dan up to date.
  9. Terdapatnya informasi transportasi, informasi valuta asing, serta info tentang tinggi muka air.
  10. Website ini mencakup banyak aspek, seperti hukum, agama, sosial dan budaya, bisnis dan kawasan bisnisnya, pendidikan dan sebagainya.
  11. Dengan kata lain,  negara-negara maju memandang bahwa implementasi e-government yang tepat akan secara signifikan memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat di suatu negara secara khusus, dan masyarakat dunia secara umum. Oleh karena itu, implementasinya di suatu negara selain tidak dapat ditunda-tunda, harus pula dilaksanakan secara serius, di bawah suatu kepemimpinan dan kerangka pengembangan yang holistik, yang pada akhirnya akan memberikan/mendatangkan keunggulan kompetitif secara nasional.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemerintahan_elektronik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar