Senin, 15 September 2014

Pengenalan Pemanfaatan Teknologi Internet



Apa Itu Internet?

Secara harfiah, internet (kependekan dari ‘interconnected-networking’) ialah rangkaian komputer yang terhubung satu sama lain. Hubungan melalui suatu system antar perangkat komputer untuk lalu lintas data itulah yang dinamakan network. Mungkin Anda mengenal istilah LAN (Local Area Network),yang menghubungkan komputer-komputer dalam dalam area tertentu, seperti kantor, sekolah, atay warnet. Internet kurang lebih seperti itu, hanya saja dalam area yang sangat luas, yaitu seluruh dunia. Jadi, komputer yang terhubung melalui jaringan dan saling berkomunikasi dengan waktu dan wilayah yang tak terbatas, disebut internet.

Pemanfaatan Teknologi Internet

Jumlah pengguna internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh besar atas ilmu dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan perpustakaan, internet melambangkan penyebaran (decentralization)/pengetahuan (knowledge) informasi dan data secara ekstrim. Berikut adalah beberapa manfaat internet:

Media Komunikasi

Di dalam dunia internet, komunikasi antar sesama pengguna dunia maya sangat penting. Karena itulah fungsi utama jaringan internet, bertukar informasi tanpa mengenal ruang dan waktu. Media komunikasi dalam internet yang cukup dikenal adalah email dan chatting. Email dan chatting sering digunakan untuk bertukar informasi atau untuk sekedar saling mengenal, menambah teman, bahkan menemukan jodoh.
a.      Berkomunikasi Lewat Email
Email merupakan singkatan dari electronic mail, memiliki prinsip kurang lebih sama seperti kita saat berkirim surat, hanya saja via internet.
b.      Berkomunikasi Lewat Chatting
Chatting (mengobrol) merupakan istilah yang digunakan untuk percakapan antara 2 orang atau lebih, baik hanya melalui tulisan atau voice, di dalam dunia maya. Umumnya, chatting dilakukan untuk sekedar mengobrol, membicarakan bisnis, mencari teman baru, bahkan juga mencari jodoh. Dunia chatting memungkinkan kita mengobrol dengan siapa saja di belahan dunia mana pun, tanpa harus bertatap muka langsung. Ada beberapa aplikasi yang digunakan dalam chatting, seperti Gtalk, Yahoo! Messenger, dan Skype.

Forum dan Mailing List

Mailing list atau juga dikenal dengan sebutan milis adalah group diskusi di internet yang terdiri dari orang-orang yang mempunyai minat atau kepentingan yang sama. Setiap anggota berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya. Selain untuk diskusi , milis juga dapat digunakan untuk sharing foto dan file.
Dalam sebuah milis, kita tidak harus menerima email tiap kali ada yang mengirim ke milis. Biasanya, hal ini tergantung pada layanan yang diberikan oleh penyedia milis ini. Dalam status keanggotaan kita di milis, kita bisa mengatur  agar kita tidak menerima email tiap kali ada yang memposting (mengirim email), tetapi kita tetap dapat membacanya di internet.
Beberapa manfaat atau keuntungan yang diperoleh dari mailing list, yaitu:
  1. Efektif dan efisien untuk keperluan surat menyurat termasuk bagi pengiriman surat kepada beberapa orang sekaligus terutama anggota dengan isi berita yang sama. Misalnya, agenda pertemuan, promosi produk, atau undangan pernikahan.
  2. Fleksibel karena email dapat dikirim, diterima, atau dibaca kapan saja dan di mana saja.
  3. Sebagai ajang diskusi terhadap orang-orang yang mempunyai minat yang sama.
  4. Untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik. Misalnya, untuk memantau informasi harga produk dari suatu perusahaan.
  5. Mengirim dan menerima kartu ucapan.

Memublikasikan Tulisan Sendiri di Internet

Bagi Anda yang memiliki hobi menulis, bisa menyalurkan hobi menulis Anda melalui blog. Secara umum, blog memiliki ciri sebagai berikut:
  1. Isi utama biasanya berupa informasi yang bersifat kronologis dan terbagi menjadi beberapa kategori.
  2. Terdapat arsip untuk berita atau informasi lama.
  3. Ada tempat buat orang lain menunggalkan pesan atau memberi komentar.
  4. Biasanya terdapat link ke web/blog favorit atau yang sering dikunjungi, yang disebut blogroll.

Jejaring Sosial

Seperti halnya di dunia nyata, menjalin hubungan persahabatan bisa juga dilakukan di dunia maya (internet). Di internet kita bisa berkenalan dengan siapapun, kapanpun, latar belakang suku bangsa yang berbeda bahkan antar negara dengan bahasa yang berbeda pula. Proses untuk menjalin hubungan di dunia maya (internet) seperti itu sering disebut social networking (jejaring sosial).
Sampai saat ini, banyak sekali situs yang menyediakan khusus untuk menjalin hubungan di dunia maya. Di antara yang cukup fenomenal adalah friendster, facebook, dan multiply. Meskipun inti tujuannya sama, masing-masing situs memiliki fitur yang berbeda. Ada yang khusus untuk menjaring pertemanan saja, menjaring pertemanan dengan lebih interaktif dan menguak memori dengan teman lama, atau lebih menonjolkan komunikasi dan interaksi dengan teman lewat blog.

Menyimpan Data di Internet

Ketika mengerjakan file di komputer, kita kadang membuat sistem back-up, sehingga jika file asli mengalami kerusakan, kita masih punya file cadangan dan data-data kita tidak hilang seluruhnya. File disalin dan dimasukkan ke dalam direktori lain, ke flashdisk, atau ubah extension file-nya. Jika tidak melakukan back-up, ketika komputer Anda terkena virus dan merusak file Anda, kemungkinan Anda kehilangan semua file pekerjaan.
Memang, bukan berarti membuat salinan sudah pasti aman, tetap saja ada resikonya. Oleh karena itu, kita harus memiliki sistem back-up lain. Salah satu caranya adalah dengan menyimpan data di internet.
a.      Tempat Menyimpan File di Internet (Interlokal)
Banyak situs yang menyediakan ruang untuk menyimpan file, di antaranya: Google dokumen, rapidshare, megaupload, dan 4shared.
b.      Tempat Menyimpan File di Internet (Lokal)
Di Indonesia sendiri banyak situs yang menyediakan tempat untuk menyimpan dan berbagi file. Beberapa situs lokal tersebut di antaranya, Gilaupload dan Indowebster. Jika koneksi internet Anda lambat, mungkin ini bisa menjadi alternatif. Biasanya, situs lokal bisa lebih cepat diakses.

Mencari Informasi di Internet

Di internet, banyak artikel maupun dokumen yang bisa kita dapatkan dan pelajari. Selain mesin pencari, banyak situs yang menyediakan informasi untuk menjawab permasalahan yang kita hadapi.
a.      Search engine
Sistem pencari informasi yang berbasis dari data-data yang terdapat pada database, yang dicocokkan dengan kata kunci atau “keyword”, di mana data tersebut dapat bersumber dari situs-situs lainnya.
b.      Wikipedia
Media informasi semacam ensiklopedia online, yang menyediakan informasi berupa artikel dan merupakan pusat informasi lebih lengkap dibandingkan dengan situs-situs informasi lainnya.
c.       Yahoo! Answer
Media informasi dengan cara melakukan sesi tanya-jawab antara sesama penjelajah dunia maya.

Hiburan

Saat online di internet, mungkin Anda sering mengalami kejenuhan atau bingung mau ngapain lagi. Di internet banyak sekali situs yang menyediakan kumpulan lagu yang bisa kita dengarkan secara streaming, juga video, film, bahkan TV yang bisa kita tonton secara langsung.
Di internet beberapa situs penyedia video, cuplikan film, bahkan TV online adalah Ovyguide.com, You Tube, dan liputan6.com. Kalau koleksi lagu di komputer sangat sedikit, kita bisa mencari, mendengarkan, bahkan mendownloadnya di internet, misalnya di eSnips, mp3raid, atau Detik radio.

Bermain Game

Game online saat ini menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Jika dulu warnet hanya digunakan untuk browsing, sekarang warnet dijadikan ajang bermain game secara online. Hal ini dikarenakan kecenderungan makin hari para penggemar game makin bosan bermain sendiri dan memilih bermain bersama pemain lain (bukan komputer).
Banyak sekali jenis game online saat ini, mulai dari game yang sederhana sampai yang membutuhkan spesifikasi komputer tinggi. Jika komputer Anda memiliki RAM yang lebih rendah dari 512MB, jangan khawatir! Cukup banyak game ringan yang dapat dimainkan secaraonline. Situs-situs yang berisi game-game online tersebut seperti, Yahoo! Games, Free Online Games, Pogo. Masing-masing game memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang dapat langsung dimainkan, atau harus didownload terlebih dahulu softwarenya.

Sumber: Buku Pintar Menguasai Internet. Darma, Jarot S., Shenia A. 2009. Jakarta: Mediakita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar